Laman

Kamis, 09 Agustus 2018

Minum dua kaleng soda sehari picu hipertensi

Minum dua kaleng soda sehari picu hipertensi,- Minuman bersoda tak hanya mengandung banyak gula yang bisa merusak gigi dan memicu obesitas, serta diabetes, namun juga mempengaruhi tekanan darah. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa minum dua kaleng minuman bersoda dalam sehari bisa memicu tekanan darah tinggi.

Uniknya, masalahnya ternyata justru bukan pada minuman sodanya, melainkan pada kemasan kaleng minuman sodanya. Penelitian mengungkap bahwa kaleng minuman soda juga mengandung zat yang bisa memicu tekanan darah tinggi. Zat yang tak menyehatkan tersebut digunakan untuk melapisi bagian dalam kaleng minuman soda.

Penelitian menemukan bahwa zat bernama Bisphenol A (BPA) yang digunakan untuk melapisi kaleng minuman soda bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan memicu masalah jantung. Zat ini bahkan bisa membahayakan keselamatan pasien jantung. Tak hanya digunakan pada kaleng minuman soda, BPA biasanya juga digunakan untuk botol plastik.

Peneliti dari Korea menemukan bahwa minum minuman bersoda dari kaleng soda meningkatkan jumlah BPA pada urine hingga 1.600 persen jika dibandingkan dengan minum soda dari botol gelas. Minum dua kaleng soda sehari bisa meningkatkan tekanan darah hingga 5 mmg Hg. Peningkatan ini bisa menyebabkan masalah pada pasien penyakit jantung dan orang yang sudah memiliki tekanan darah tinggi.

Tak hanya memicu hipertensi, BPA selama ini juga dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti migrain, obesitas, diabetes, serangan jantung, dan bahkan kanker. BPA telah lama dilarang untuk digunakan pada pembuatan botol bayi di Eropa karena bahaya yang bisa ditimbulkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar